Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

AS dan Tiongkok Berupaya Cari Titik Temu soal Risiko AI di Jenewa

Foto : MARK SCHIEFELBEIN/AFP

Menlu AS, Antony Blinken, dan Menlu Tiongkok, Wang Yi

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok akan bertemu di Jenewa untuk membahas kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tingkat lanjut pada hari Selasa (14/5). Para pejabat AS menekankan kebijakan Washington tidak akan bisa dinegosiasikan bahkan saat pembicaraan tersebut membahas mitigasi risiko dari teknologi baru tersebut.

Dikutip dari The Straits Times, pemerintahan Presiden Joe Biden telah berupaya melibatkan Tiongkok dalam berbagai masalah untuk mengurangi miskomunikasi antara kedua negara yang bersaing tersebut. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, membahas topik AI pada bulan April di Beijing, di mana mereka sepakat untuk mengadakan pembicaraan bilateral formal pertama mengenai masalah ini.

Departemen Luar Negeri AS telah menekan Tiongkok dan Russia untuk mematuhi pernyataan AS bahwa hanya manusia, dan bukan kecerdasan buatan, yang akan mengambil keputusan dalam penggunaan senjata nuklir.

"Ini adalah pertemuan pertama yang sejenis. Jadi, kami berharap dapat melakukan diskusi mengenai keseluruhan risiko, namun tidak akan berprasangka buruk pada hal-hal spesifik pada saat ini," kata seorang pejabat senior pemerintah kepada wartawan menjelang pertemuan, menjawab pertanyaan apakah AS akan memprioritaskan masalah senjata nuklir.

Sampaikan Kekhawatiran
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top