Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Kebijakan Pemerintah

Beijing Tolak Kenaikan Tarif AS untuk Barang-barang Tiongkok

Foto : MANDEL NGAN/AFP

Presiden AS, Joe Biden

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Tiongkok dengan tegas menentang dan mengajukan pernyataan serius mengenai kenaikan tarif tambahan lebih lanjut terhadap sejumlah barang Tiongkok oleh Amerika Serikat (AS).

Menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok, pada Selasa (14/5), negeri Tirai Bambu itu juga akan mengambil tindakan tegas untuk melindungi hak dan kepentingannya sendiri.

Seperti dikutip dari Antara, selain tarif-tarif yang berlaku di bawah Pasal 301, AS pada Selasa memutuskan untuk menaikkan tarif tambahan pada produk-produk Tiongkok yang mereka impor, termasuk kendaraan listrik, baterai lithium-ion, panel surya, mineral kritis, semikonduktor, baja, dan aluminium, serta crane.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok menyebut Tiongkok menyatakan sangat tidak puas dengan penyalahgunaan AS terhadap prosedur peninjauan tarif di bawah Pasal 301 yang didorong oleh berbagai kekhawatiran politik dalam negeri dan kenaikan tarif tambahan untuk produk-produk Tiongkok tertentu.

Langkah ini mempolitisasi isu perdagangan dan memanfaatkannya sebagai alat, kata pernyataan itu, menyebutnya sebagai manipulasi politik yang khas.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top