Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pemanasan Global

Permukaan Laut Dunia Melonjak akibat El Nino dan Perubahan Iklim

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

FLORIDA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA), pada hari Kamis (21/3), mengatakan rata-rata permukaan laut global naik sekitar 0,3 inci (0,76 sentimeter) dari tahun 2022 hingga 2023, hampir empat kali lipat peningkatan tahun sebelumnya, menjadi "lonjakan signifikan" dengan El Nino yang kuat dan iklim yang memanas.

Dikutip dari Yahoo News, analisis yang dipimpin NASA tersebut didasarkan pada pengamatan satelit selama lebih dari 30 tahun, dengan peluncuran satelit pertama pada tahun 1992 dan terakhir pada tahun 2020.

Secara keseluruhan, permukaan air laut telah meningkat sekitar empat inci sejak tahun 1993. Tingkat kenaikan juga meningkat lebih dari dua kali lipat dari 0,07 inci per tahun pada tahun 1993, menjadi 0,17 inci per tahun saat ini.

"Tingkat percepatan saat ini berarti kita berada di jalur yang tepat untuk menambah 20 sentimeter rata-rata permukaan laut global pada tahun 2050," kata Nadya Vinogradova Shiffer, Direktur Tim Perubahan Permukaan Laut NASA dan program fisika kelautan di Washington.

Hal ini berarti dua kali lipat jumlah perubahan dalam tiga dekade mendatang dibandingkan dengan abad sebelumnya, katanya, sehingga menciptakan masa depan di mana banjir jauh lebih sering terjadi dan menimbulkan bencana dibandingkan saat ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top