Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Status Gunung Ruang Turun, Kini Para Pengungsi di Luar Zona Merah Mulai Pulang

Foto : ANTARA/HO-PVMBG-BG-KESDM

Arsip foto - Tampak Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pascaerupsi 30 April 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan para pengungsi secara bertahap akan dipulangkan usai menurunnya status aktivitas Gunung Ruang.

Dalam siaran yang ditayangkan melalui media sosial BNPB di Jakarta pada Rabu, tim Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Syekh Abdul Qadir menjelaskan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun Pemerintah Kabupaten Sitaro sudah mulai memproses kepulangan para pengungsi yang berada di luar zona merah, khususnya yang berada di luar Pulau Ruang.

"Untuk pengungsi yang di luar zona merah, khususnya di luar Pulau Ruang, pemerintah provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Sitaro sudah memulai proses untuk memulangkan pengungsi yang ada di empat kabupaten kota. Sementara pengungsi yang masuk dalam zona merah atau yang relokasi, masih tersebar di lima kabupaten kota tersebut," jelasnya.

Selain memproses pemulangan para pengungsi, ia juga menyebutkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara terkait pelaksanaan ujian sekolah bagi para siswa-siswi yang menjadi pengungsi usai menurunnya status level Gunung Ruang.

Syekh menjelaskan, kegiatan belajar mengajar bagi para pengungsi tetap akan dilakukan di titik-titik yang telah ditentukan, termasuk nantinya ujian sekolah yang akan dilaksanakan secara bersama-sama di tiap titik.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top